Budaya Indonesia Yang Hilang..

Indonesia adalah negara yang indah yang kaya akan kekayaan alam dan budaya. Lebih dari 20 suku terdapat di Indonesia dan lebih dari 100 budaya ada di Indonesia. Tetapi sayangnya, dari tahun ke tahun seiring dengan bertumbuhnya perkembangan gaya hidup dan teknologi, kebudayaan asli indonesia terlihat sangat ketinggalan zaman. Banyak dari warga indonesia yang kurang peduli bahkan ada yang tidak peduli tentang budaya Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan banyak budaya Indonesia dicuri oleh negara lain terutama Malaysia. Hal ini karena terlambatnya dalam mematenkan suatu budaya dan benda – benda peninggalan zaman Indonesia dulu. Ketika budaya dan barang kebudayaan atau hasil buah tangan seniman Indonesia masih ada di Indonesia, banyak dari warga merasa budaya tersebut tidak berharga, tetapi ketika ada negara lain akan mengambil budaya tersebut dan kemudian hilang dari kita, barulah mereka merasa itu sangat berharga. Kenapa berharga saat sudah hilang? Kenapa tidak waktu masih ada? Inilah orang – orang indonesia yang telah terkontaminasi budaya barat. Di bawah ini beberapa daftar nama – nama budaya kita yang telah di rampas oleh negara lain.

No.

Kesenian dan Budaya

Asal

Direbut Oleh

1.

Batik

Jawa

Adidas

2.

Naskah Kuno

Riau

Malaysia

3.

Naskah Kuno

Sumatra Barat

Malaysia

4.

Naskah Kuno

Sulawesi Selatan

Malaysia

5.

Naskah Kuno

Sulawesi Tenggara

Malaysia

6.

Rendang

Sumatra Barat

WN Malaysia

7.

Sambal Bajak

Jawa Tengah

WN Belanda

8.

Sambal Petia

Riau

WN Belanda

9.

Sambal Nanas

Riau

WN Belanda

10.

Tempe

Jawa

Perusahaan Asing

11.

Lagu Rasa Sayang Sayange

Maluku

Malaysia

12.

Tari Reog Ponorogo

Jawa Timur

Malaysia

13.

Tari Soleram

Riau

Malaysia

14.

Lagu Injit – Injit Semut

Jambi

Malaysia

15.

Alat Musik Gamelan

Jawa

Malaysia

16.

Tari Kuda Lumping

Jawa Timur

Malaysia

17.

Tari Piring

Sumatra Barat

Malaysia

18.

Lagu Kakak Tua

Maluku

Malaysia

19.

Lagu Anak Kambing Saya

Nusa Tenggara

Malaysia

20.

Kursi Taman dengan Ornamen Ukir Khas Jepara

Jawa Tengah

WN Perancis

21.

Pigura dengan Ornamen Ukir Khas Jepara

Jawa Tengah

WN Inggris

22.

Motif Batik Parang

Yogyakarta

Malaysia

23.

Desain Kerajinan Perak Desa Suwarti

Bali

WN Amerika

24.

Produk Berbahan Rempah – Rempah dan Tanaman Obat Asli Indonesia

 

Shiseido Co. Ltd.

                                                                 Sumber: www.budaya-indonesia.com

Jika kita ingin melihat dari segi kreatif suatu budaya kita bisa melihat dari hal – hal yang terkandung di dalamnya. Misalnya seperti tari – tarian. Itu adalah hasil pikiran kreatif orang – orang dulu untuk menciptakan kemudian memadukan semua gerakan itu menjadi sesuatu yang indah dan juga kekreatifan dalam pemilihan lagu sehingga gerakan dan lagu bisa seimbang. Semua buadaya di atas adalah hasil kekreatifan orang terdahulu. Selain tarian, kita bisa juga bisa melihat dari segi obat – obatan tradisional karena obat ini tercipta dari perpaduan berbagai bahan yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. Hal ini juga merupakan buah kreatifitas dari orang terdahulu karena mereka bisa menciptakan satu buah pil atau obat dari alam untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Bisa kita lihat dari daftar di atas sangatlah banyak yang telah dicuri orang. Bahkan meliki negara bisa dicuri oleh individual? Betapa malunya kita telah dicuri dan kita tidak cepat tanggap dalam menanggulangi hal – hal tersebut. Oleh karena itu, marilah kita jaga dan kita lestarikan budaya nenek moyang kita jangan sampai dirampas lagi.

About these ads

33 Tanggapan so far »

  1. 1

    01gunkz said,

    sungguh memperihatinkan

  2. 2

    benar-benar diosayangkan kalau kekayaan budaya nusantara harus jatuh ke tangan negeri lain. semoga ini mendapatkan perhatian serius dari para pengambil kebijakan.

  3. 3

    adek said,

    Salah satu upaya pelestarian budaya indonesia adalah dengan membuat dokumentasinya, termasuk dokumentasi digital atau elektronik di era informasi ini. Mungkin peran perguruan tinggi bisa dikedepankan di sini. Kegiatan riilnya bisa dalam bentuk penelitian atau pengabdian masyarakat.Yuk kita cintai dan pertahankan budaya indonesia

  4. 4

    Campus said,

    Mudah2an berbagai kampus mulai ikut peduli dalam membantu pelestarian dan pengamanan berbagai kekayaan budaya indonesia. Salah satu yang bisa dilakukan adalah pendokumentasian digital dengan memanfaatkan teknologi multimedia

  5. 5

    Nicha said,

    Ya… ampun sayanK b6tZzzz begitu banyak Budaya, Seni, Makanan, dan wilayah2 INDONESIA yg di curi oleh Negara asing terutama oleh Malaysia.
    IcH,… mereka (negara asing) tucH gak kreatif b6tZzzz sicH masa segala sesuatu’y tucH hrs nyuri dari NEGARA TERCINTA q INDONESIA.
    q bener2 gak rela hak bangsa Indonesia hrs di curi dan di akui oleh negara lain.

  6. 6

    nitha said,

    Ughz…
    masak sich bdy Ind diambil….,,
    apalG batiknya.. kan Q nx solo jd gx terima dunt,,
    reognya juga tuh,,
    eman” bgd…
    masak cm tr pendet doank yg diprotes i2 kan jg da gmbarnya wayang…
    mn ekspresinya..

  7. 7

    [...] Namun, sungguh disayangkan, keragaman dan kekayaan budaya itu memiliki ketahanan yang (nyaris) rapuh. Tak sedikit produk budaya nusantara yang dengan mudah diklaim negeri lain. Berikut ini daftar kesenian dan budaya nusantara yang telah direbut oleh pihak lain yang saya peroleh dari sini. [...]

  8. 8

    suhendra said,

    wah kasian amat kita! jadi kita harus gmn?

  9. 9

    suhendra said,

    supri

    oh gni z bro, gmn kalau punya mereka gantian kita ggu

  10. 10

    suhendra said,

    dasar mang na MALAS SIAL gak bisa buat malah cuman nyuri z yang pandai

  11. 11

    rya said,

    namBah dosa z,, nyuri???

  12. 12

    visma said,

    budaya bukan hilang mari kita ulas dahulu kata budaya berasal dari kata budi dan daya budi atau pikiran dan daya kekuatan jadi budaya adalah kekuatan pikiran untuk menghasilkan atau menciptakan suatu karya seni yang terinsfirasi oleh suatu pemahaman / ajaran dan pengalaman hidup menjadi apa yang kita banggakan pada saatnya budaya akan berevolusi jika siapa yang mendiami / abitatnya.

  13. 13

    rena said,

    seharusnya pemerintah juga berusaha untuk membuat budaya asli bangsa indonesia tetap jaya di indonesia dan masyarakat sendiri juga harus sadar akan pentingnya budaya suatu bangsa……..

    waahhhh gimana to…….

  14. 14

    Lee Min Hoo said,

    MALAYSIA =ANJING SIAL!

  15. 15

    Orang malaysia said,

    sukur emang enak di ambil

  16. 16

    amirah salsa bila said,

    sebenarny negara la

  17. 17

    uly aldini said,

    let’s keep our cultur……………. start from now! MUST, NO COMENT!!!!!!!!!

  18. 18

    Ramli said,

    PEMERINTAH INDO GOBLOK!! jaga harta aja ga mampu

  19. 19

    ANICK said,

    memalukan bgt c tch malaysia…

    g bsa ap brkreasi sndiri????

  20. 20

    mila said,

    semua belum terlambat,untuk itu kewajiban kita sebagai rakyat indonesia yang terpenting adalah belajar tuk lebih mengetahui kebudayan kita.

  21. 21

    dede said,

    ternyata bnyk juga budaya indonesia yg bikin orang lain tertarik dan ingin memilikinya. bangga jadi org indonesia

  22. 22

    ika agustiningsih said,

    sangat menyedihkan sekali, hampir semua kebudayaan yang ada di Indonesia kini sudah diambil oleh pihak luar. menurut saya bagaimana caranya agar bidaya kita tetap terjaga yaitu kita sebagai anak bangsa harusnya menjaga budayab kita bagaimanapun keadaannya. karena hal itu maerupakan aset peninggalan yang harus di lestarikan. bagi negara2 yang uda ngambil budaya indonesia harusnya dpt sangsi yang tegas, bukannya mengadakan kerja sama. terlaluuuuuuu

  23. 23

    Nurbethy Salam said,

    Sangat disayangkan… kemana aja orang2 indonesia yang pintar…??? apa yg mesti kita lakukan skrg…

  24. 24

    lovi said,

    sungguh merana nasib budaya indonesia.

  25. 25

    untuk INDONESIA tercinta said,

    AH BIAR AJA
    LAWONG PEMERINTAH N GENERASINYA AJA G PEDULI
    DARI PADA KEBUDYAAN TINGGAL SEJARAH LEBIH BAEK DI PAKE ORANG LAEN
    YAAA THOOOOO

    sebenare kalian prduli g sih
    apa perlu INDONESIA bubar
    q benar2 kecewa
    andai q punya kuasa???????????????

  26. 26

    mie azmie said,

    y ikh. . .!!!!!!!!!!!
    gga pdda kreatif y. . .
    bssaNy ngmbill drri ngrra qtta z. . .
    dzzar plagiat. . !!!!!!!!!!!1

  27. 27

    sakim said,

    demi indonesia….

    mari jaga dan rawat budaya kita ..
    dngan hal,, apapun dan se kecil apapun..

    indonesia kaya akan budaya..

  28. 28

    [...] Namun, sungguh disayangkan, keragaman dan kekayaan budaya itu memiliki ketahanan yang (nyaris) rapuh. Tak sedikit produk budaya nusantara yang dengan mudah diklaim negeri lain. Berikut ini daftar kesenian dan budaya nusantara yang telah direbut oleh pihak lain yang saya peroleh dari sini. [...]

  29. 29

    Hadiran halawa said,

    sangat disayangkan…

  30. 30

    dwie susilo said,

    kini kita harus benar2 melestarikan warisan bangsa yang kaya ini kita haruslah benar2 mencintainya….

  31. 31

    ines said,

    Kalau kita sudah punya banyak kekayaan, kenapa kita ngikutin budaya barat??
    padahal Indonesia itu kan juga udah kaya…

  32. 32

    kevin zulfiqar said,

    JUJUR: saya gak tega ngeliatnya.., itu baru 24 pasti masih ada lgi, dan saya yakin itu pasti bisa bertambah jika terus di biarkan….!!!!!!

    “INDONESIA KU YANG HILANG”

    http://www.facebook.com/album.php?id=100000121264660&aid=32961#!/pages/INDONESIA-BUKAN-NEGERI-YANG-TERLUPAKAN/105930562823694?sk=wall&filter=2

  33. 33

    nufail said,

    jika kita diam, akan lebbih banyak lagi, semua element harus ambil andil. itu yang saya harapkan , saya sudah memulainya, kini giliran semua,. aku tidak mau kalau nanti hal macam itu di museum kan.


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: