Acara Televisi Kreatif

Industri perfilman Indonesia sekarang sangatlah maju. Hal ini karena muncul banyaknya jenis – jenis film baru yang muncul untuk menghibur para konsumen. Mulai dari film misteri, humor, kriminalitas, dll. Sekarang ini angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Karena makin tingginya angka pengangguran, angka kriminalitas pun semakin meningkat seperti perampokan, pembunuhan, dan lain – lain. Beberapa orang kreatif melihat ini sebagai kesempatan.

Film tentang kriminalitas pun dibuat mulai dari mengangkat kisah Ryan Si Penjagal, sampai dengan kisah – kisah kejahatn yang dirangkum oleh si pembuat film. Adapun cara kreatif lain yaitu jika mereka mendapat cerita kejahatan yang dikirim oleh penonton kepada film tersebut untuk kemudian dibuat simulasinya dan disajikan dengan unsur komedi. Contoh film dari kisah yang sedang rama dibiacarakan adalah “Rien Si Manusia Penjagal” yang sekarang sedang ada di bioskop sedangkan contoh film yag didapat dari kiriman cerita penonton adalah film “Tangkap” yang ada di Trans TV. Acara TV ini waktu itu tayang untuk waktu yang cukup lama. Jika suatu film tayang untuk waktu yang lama berarti banyak penonton yang gemar menonton acara tersebut. Selain itu hal ini juga disebabkan karena adanya ide untuk memberi insentif kepada para penonton yang jika mengirim video akan mendapatkan hadiah.

·         Contoh 1:

Ketika ada maling yang gagap teknologi ingin mencuri mobil yang tengah diparkir. Pencuri ini berhasil membuka kunci mobil tetapi ketika masuk ke dalam mobil, mobil kemudian terkunci otomatis. Sang malingpun panik mencari – cari pembuka kunci pintu mobil yang ada di tuas pembuka pintu karena sang malik biasanya hanya tahu kunci pembuka ada di dekat jendela maka sang malingpun terkunci di dalam mobil dan sampai pemiliknya datang, sang maling tertangkap basah ingin mencuri mobil tersebut.

Acara lain selain mengangkat dari kriminalitas adalah mengangkat dari segi Keagamaan seperti Ayat – Ayat Cinta dan PASRAH (Pas Ramadhan Dapat Hidayah). Film Ayat – Ayat Cinta adalah film yang sangat kreatif. Mengapa? Hal ini karena ketika banyak gosip buruk tentang islam, dan banyak dari umat islam yang marah dan kemudian melakukan aksi jihad yang salah, film Ayat – Ayat Cinta ini seolah menjadi “Oase” di tengah kekacauan yang terjadi. Film ini sangatlah bagus dan telah menjadi film nomor 1 di Indonesia yang mendatangkan penonton yang paling banyak dalam beberapa pekan. Kreatif disini adalah kreatif dalam memberikan dakwah ketika citra islma sedang buruk. Selain itu film ini juga memasukkan beberapa contoh salah pengertian penggunaan ayat di dalam Al-Qur’an seperti yang saya contohkan di blog saya tentang jihad. Beralih ke film PASRAH, sama seperti film Tangkap dimana film ini memberikan insentif kepada para penonton agar mau mengirimkan cerita – cerita hidayah mereka kepada si pembuat film.

·         Contoh 2:

Contoh dari cerita tersebut adalah ketika ada seseorang bapak yang suka mengeluh berisik ketika mendengar azan subuh dan berharap untuk tidak mendengar azan lagi. Maka ketika bangun pagi, ia tidak bisa mendengar suara siapapun termasuk anak dan istrinya. Sehingga dia menjadi tuli dan menyesal tidak bisa mendengar azan lagi. Tetapi, di balik itu semua, istrinya telah menyelipkan penyumbat di telinga sang suami sehingga ia tidak dapat mendengar azan lagi.

Acara Tangkap dan PASRAH adalah acara yang juga kreatif karena mereka bisa mengembangkan cerita menjadi film. Kreatif disini adalah kreatif untuk membuat sesuatu yang lebih baik karena jika suatu cerita dikonversikan menjadi film, para orang – orang akan jelas tentang masalah yang telah terjadi di kejadian tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: