Jihad Sesungguhnya..

Sangat disayangkan bahwa dari tahun ke tahun citra agama islam semakin buruk. Mulai dari kasus bom bali yang dilakukan oleh Amrozi cs yang sekarang tinggal menunggu hukuman mati dari pemerintah RI sampai dengan kasus terkahir yaitu penyerangan Front Pembela Islam di Monas terhadap AKKBB. Belum lagi banyaknya lembaga – lembaga islam yang dianggap sesat seperti Ahmadiyah dan juga Negara Islam Indonesia (NII). Sebenarnya apa yang terjadi di dalam tubuh para penganut agama islam? Saya mengangkat topik ini untuk membantu memberikan sedikit informasi untuk direnungkan pada mereka yang mungkin salah pengertian dalam agama islam dan juga dalam mengartikan kata – kata dalam al-qur’an agar mereka berpikir kembali atas apa yang mereka lakukan.

Dalam agama Islam, diajarkan kepada umatnya untuk ber”Jihad”. Seperti yang kita lihat dari kasus 11 September di USA yang menewaskan ratusan orang lebih oleh Osama Bin Ladden, tragedi Bom Bali, penyerangan terhadap AKKBB di Monas. Mari kita lihat dari ketiga kasus tersebut. Para pelaku semua adalah umat islam dan kemudian mereka katakan bahwa mereka sedang berjihad di jalan Allah SWT. Sekarang, mari kita lihat arti kata Jihad menurut kebanyakan orang islam. Mereka mengartikan Jihad sebagai “Perang Suci” sedangkan jika kita mentranslasi kata Perang Suci ke dalam bahasa arab adalah “harbun muqaddasatu”. Kata Jihad sendiri terdapat dalam al-qur’an dalam huruf arab yang juga di baca jihad. Di al-qur’an sendiri tidak mengartikan Jihad sebagai perang suci. Dalam bahasa arab kata Jihad bermakna “Berusaha dan Bekerja Keras”. Sebenarnya kata Jihad juga mengandung makna perang tetapi bukan perang secara fisik melainkan seperti perang melawan hawa nafsu dan godaan dan jika keadaan mengharuskan dan tidak bisa dielakkan lagi untuk perang seperti mendapat serangan barulah bisa dilakukan secara fisik.

Mungkin hal ini di karenakan banyak orang – orang kreatif muncul tetapi mengarah kepada yang negatif karena mereka merasa pintar dan benar sehingga berpikir hanya dengan otak tidak dengan hati sehingga dia kreatif menerjemahkan kata dalam al-qur’an sendiri.

Di bawah ini adalah bukti – bukti yang memperkuat arti kata Jihad yang saya dapat dari internet tentang Jihad guru ngaji, Ustadz Amrullah, dan Al-Qur’an:

Contoh Pertama:

Surat At Taubah – Ayat 24 :


Katakanlah: “jika bapak-bapak , anak-anak , saudara-saudara, istri-istri, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari ber-jihad di jalan-Nya , maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan NYA”. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

Seperti yang kita lihat di atas bahwa Jihad bukanlah Perang Suci dengan fisik melainkan dengan berjuang di jalan Allah yaitu dengan selalu mengikuti apa yang diperintahkan dan menjauhkan larangannya.

Contoh 2 :

Surat Al Furqaan – Ayat 52 :


Maka janganlah kamu mengikuti orang-orang kafir, dan berjihadlah (jahidhum) terhadap mereka dengan Al Qur’an dengan jihad (jihada) yang besar.

Disini terlihat jelas bahwa arti kata jihad bukanlah perang melainkan menjaga diri dari pengaruh orang lain dengan bekal kebenaran yaitu al-qur’an sebagai pegangan hidup kita.

Demikian tulisan ini saya buat untuk membantu mereka yang telah tersesat agar kembali kepada kebenaran dan juga untuk teman – temanku yang telah ikut dan juga dengan do’a dan ridho allah kita berharap agar mereka semua sembali ke jalan yang benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: