Perusahaan Kreatif

Sebenarnya klo kita mau lihat perusahaan yang kreatif sangatlah banyak. Tetapi di sini saya melihat lagi lebih dalam kepada perusahaan mobil Toyota dimana perusahaan ini telah mampu mengalahkan beberapa pesaingnya seperti perusahaan mobil Ford. Awalnya perusahaan ini bukanlah perusahaan pembuat mobil.awalnya perusahaan ini adalah perusahaan industri tekstil yang kemudian mendirikan divisi untuk riset dan pengembangan tentang kendaraan bermotor yang akhirnya di divisi ini dipisah pada tanggal 27 Agustus 1937. Ketika tahun 1933, ketika Toyoda membangun divisi otomotif, tim yang kemudian banyak dikendalikan oleh anaknya Kiichiro Toyoda, tiada henti menghasilkan inovasi-inovasi terdepan di zamannya. Pendiri Toyota sendiri adalah adalah Sakiichi Toyoda yang mempunyai anak bernama Kichiro Toyoda.

Metode dari saya yang pantas untuk perusahaan ini adalah metode Lihat – Tiru – Modifikasi. Dari dulu sampai sekerang Toyota masih menggunakan metode itu. Bedanya dulu yang sekarang adalah dari area modifikasinya. Kalau dulu awal toyota memodifikasi mesin, kalau sekarang – sekarang ini Toyota mulai Lihat – Tiru – Modifikasi interior dan ekterior. Menurut saya ini sangat kreatif karena ia bisa membuat hal – hal baru yang sudah ada walaupun kreatif sendiri tidak selalu identik dengan hal – hal baru.

Selain itu, segi kreatif Toyota adalah pemikiran dalam pencapaian target market seperti banyak mobil dari Toyota yang bermain di segala kelas mulai dari kelas paling bawah sampai dengan paling atas sehingga mobil – mobil toyota memperoleh banyak penghargaan seperti Toyota Kijang Innova menjadi the best familiy car, juga Toyota Avanza menempati peringkat 3 dalam kategori small MVP serta Toyota Rush dalam kategori SUV. Sekarang mari kita lihat jenis – jenis mobil Toyota di segala kelas ekonomi penduduk indonesia. Mobil Toyota yang sangat di gemari para pencinta kemewahan untuk mobil keluarga adalah seperti Toyota Alphard dan juga untuk sedan ada Toyota Crown. 2 mobil harganya berkisar dari 800 juta sampai dengan 1 Milyar. Adapun Toyota Camry yang melejit ke atas yang mampu menyaingi Mercy E Class dan juga BWM seri 5. Pada tahun 2007 lalu saya membaca majalah mobil yaitu saingan Toyota Camry adalah BMW seri 3 dan juga Mercy C Class, tetapi ketika saya melihat majalah yang sama di tahun 2008 ini saingan Toyota Camry sudah setingkat di atas pesaing sebelumnya. Hal ini sangatlah membanggakan karena kembali lagi, Toyota mulai mengadopsi desain dan teknologi dari mobil eropa lainnya.

Yang menurut saya paling kreatif adalah jika kita melihat mobil – mobil keluarga hampir menyapu bersih konsumen mobil di Indonesia yang rata – rata penduduknya adalah golongan menengah. Mobil keluarga seperti Kijang Innova selain harganya terjangkau, desain yang di tawarkan sangatlah bagus baik interior ataupun eksterior. Kita melihat segi kreatif Toyota adalah dari pemikiran mereka untuk tidak hanya menjadi perusahaan mobil prestisius tetapi juga memenuhi kebutuhan konsumen yang akhirnya bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat dan juga mengikuti trend yang sedang berkembang di Indonesia saat ini.

Perusahaan inilah yang menurut saya paling kreatif karena disaat orang memerlukan sesuatu kemudahan, Toyota memberikannya dengan mudah dan sangat membantu dari yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: