Waspada Produk Palsu & Tiruan

Di Indonesia sekarang sekarang ini makin banyak saja makanan – makanan dan produk – produk konsumsi yang dipalsukan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Sebenarnya kita bisa menemukan sisi kekreatifan dari mereka tetapi ini adalah kekreatifan yang negatif. Banyak barang berbahaya bermunculan dari tahun ke tahun seperti oli yang disulap menjadi minyak goreng, gorengan yang gurih tetapi digoreng dicampur dengan plastik, formalin yang tadinya pengawet mayat sekarang digunakan menjadi pengawet makan, dll.

Hal ini dikarenakan kebutuhan hidup orang – orang yang tinggi tidak dibarengi dengan pendapatan yang memadai. Barang – barang yang berbahaya antara lain:

·         Gorengan dengan plastik

Mari kita lihat pembuatan gorengan dicampur dengan plastik agar rasa menjadi gurih. Plastik terbuat dari senyawa kimia berbahaya yang jika kita menkonsumsi gorengan yang mengandung plastik akan menimbulkan potensi terkena penyakit kanker. Cara paling dasar mengetaui apakah gorengan tersebut digoreng dengan dicampur plastik adalah dengan memencet gorengan tersebut apakah keras atau tidak karena kita lihat sifat plastik yang terbakar akan meleleh dan jika plastik yang dibakar telah dingin plastik tersebut akan mengering dan kaku serta mengeras.

 

·         Bedak Bayi

Sungguh kejam para pemalsu ini. Jika anda mengetahui bahan dasar untuk bedak ini maka anda akan merasa sangat kecewa. Bahan dasar dari bedak ini adalah tepung kanji yang kemudian pisahkan bagian yang halus dengan yang kasar. Jika bayi menggunakan ini maka mereka akan terkena iritasi pada kulit. Tetapi, untuk tetap mendapatkan wangi yang sama dengan yang aslinya, para pemalsu ini biasanya membeli yang asli untuk kemudian dicampurkan dengan yang palsu. Sulit rasanya untuk membedakan mana asli dan palsu ketika kita hendak membeli di toko. Oleh karena itu ada beberapa ciri dari barang palsu tersebut yaitu kemasan yang digunakan agar pudar karena mereka menggunakan kemasan lama yang gambarnya masih utuh dan juga pembungkus tubuh bedak yang mereka buat tidak serapih aslinya.

 

·         Voucher isi ulang Seluler Palsu

Kalau pemalsuan ini belum marak terjadi di Indonesia. Tetapi tetap saja ini sangt merugikan konsumen. Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit informasi bagaimana cara membedakan mana yang asli dan yang palsu serta tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi pada kita. Berikut informasinya:

o   Meraba pelindung angka isi ulang apakah kasar atau tidak dan rapi atau tidak karena pelindung yang mereka buat berasal dari lem.

o   Melihat gambar voucher tersebut apakah sudah buram atau tidak.

o   Mengisi ulang di tempat penjualnya karena jika tidak masuk kita bisa komplain pada mereka untuk mengganti.

o   Belilah voucher di tempat – tempat resmi karena biasanya voucher ini terdapat ditoko – toko pinggir jalan yang tidak resmi.

1 Response so far »

  1. 1

    LESTARI UTAMI.AM,Sek,S.pd said,

    ?????????!!!!!!!!!!!!!!!! streus deeeh ….


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: