10 Sifat Paradok Mihaly

·         Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

o   Pada dasarnya orang kreatif adalah orang yang mempunyai semangat tinggi karena di dalam pikiran mereka ada sesuatu hal yang harus diselesaikan tapi mereka ingin dengan cara yang berbeda dan kreatif sehingga orang – orang akan tertarik dan itu juga akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka dan untuk berpikir dan menjalankan kreatif maka mereka harus berkonsentrasi dan tenang sehingga pikiran mereka dapat terfokus dan kemudian lahirlah pikiran kreatif mereka.

 

·         Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

o   Orang kreatif kadang adalah orang pintar karena orang kreatif bisa menemukan banyak cara untuk menyelesaikan dan biasanya ini tidak terpikirkan oleh orang lain sehingga mereka dianggap pintar. Misalnya pelajaran matematika, untuk mencari sisi miring dari segitiga biasanya digunakan rumus phytagoras c2 = a2 + b2. Orang kreatif akan menggunakan metode 3 4 5 karena biasanya ukuran sisi – sisi ketiga segitiga tersebut mempunyai kelipatan 3 4 5 dan juga 5 12 13. Tetapi, kadang orang kreatif memang bisa naive karena mereka dianggap pintar jadi di dalam pikiran mereka, apapun yang mereka kerjakan pasti benar sehingga mereka tidak dapat menerima masukan dari orang lain.

 

·         Creative people combine playfulness and discipline or responsibility and irresponsibility.

o   Orang kreatif memadukan playfulness dan discipline agar mereka dalam melakukan ataupun membuat suatu hal yang kreatif mereka harus senang. Oleh karena itu, dengan mereka merasakan belajar sambil bermain, pikiran mereka seolah tidak terkekang oleh satu pikiran saja tetapi bisa saja ke hal lain sehingga bisa menciptakan hal baru. Tetapi, untuk itu mereka harus tetap disiplin dimana mereka harus fokus pada satu jalan. Saya pikir, bertanggung jawabnya seseorang atau tidak sepertinya kembali ke diri orang tersebut karena mereka kebanyakan membuat hal seperti itu untuk diri mereka sendiri dan kadang hal – hal kreatif yang negatif yang dibuat oleh suatu orang dapat dicuri untuk kemudian digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab padahal orang yang menciptakannya tidak ingin menggunakannya.

 

·         Creative people alternate between imagination and fantasy and a rooted sense of reality.

o   Banyak orang berpikir bahwa suatu hal kreatif ada yang bisa diwujudkan dan ada yang tidak bisa diwujudkan. Biasanya orang kreatif menggunakan imaginasi dan fantasi mereka untuk menggabungkan suatu hal agar menjadi lebih indah dan barang ini adalah gabungan dari barang yang sudah ada sebelumnya. Misalnya seperti handphone CDMA dan GSM, pada awalnya mereka berpikir bahwa 2 hal tersebut tidak bisa disatukan. Tetapi dengan imaginasi dan fantasi akhirnya bisa diciptakan.

 

·         Creative people tend to be both extrovert and introvert.

o   Orang kreatif terkadang bisa terbuka dan tertutup karena terkadang dalam melakukan atau menciptakan hal yang kreatif mereka hanya terkonsentrasi pada suatu hal dan terkadang jika mereka senang meneliti suatu hal mereka terkadang mengacuhkan lingkungan di sekeliling mereka dan jika mereka menjadi orang yang terbuka biasanya mereka dalam melakukan kegiatan untuk menemukan atau menciptakan hal yang kreatif mereka akan mengungkapkan apa yang mereka butuhkan dan bertanya apa saja kekurangan yang masih ada dalam menciptakan hal yang kreatif.

 

·         Creative people are humble and proud at the same time.

o   Saya pikir pada poin ini kembali kepada diri orang masing – masing karena ada beberapa orang kreatif yang sombong dan ada juga yang rendah hati. Biasanya orang yang sombong ini karena menganggap hal yang ia temukan adalah hal yang paling hebat padahal mungkin masih ada lagi yang lebih kreatif dan jika mereka dipuji, mereka akan merasa makin sombong. Berbeda dengan orang yang rendah hati yaitu orang kreatif seperti ini akan memperlihatkan bahwa kekreatifan yang mereka ciptakan hanyalah segelintir hal dari hal yang lebih kreatif lagi dan jika dipuji orang, itu akan menjadi kepuasan tersendiri karena apa yang mereka kerjakan dapat menyenangi orang dan memuaskan orang lain.

 

·         Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

o   Orang yang kreatif tidak harus selalu laki – laki ataupun perempuan. Hal ini karena tidak semua laki – laki kreatif dan tidak semua perempuan juga kreatif. Hal ini karena setiap orang mempunyai pikiran yang berbeda dan keinginan yang berbeda untuk dicapai dengan cara yang lebih baik.

 

·         Creative people are both rebellious and conservative.

o   Biasanya orang kreatif cenderung agak nakal dan bandel pikirannya. Hal ini karena untuk berpikir kreatif, pikiran mereka harus menjadi liar alias “think out of the box” dan terkadang juga pikiran mereka menjadi sangat liar. Oleh karena itu, untuk meredamkan keliarannya itu, mereka juga harus konservatiif yaitu mengacu kepada pikiran yang bisa dibilang kolot yang berguna agar tidak kelewat batas dalam menciptakan hal yang kreatif.

 

·         Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well

o   Hal kreatif biasanya diciptakan orang – orang kreatif adalah hal – hal yang mereka senangi dan oleh karena itu mereka akan sangat bersemangat. Seperti contoh ada anak yang suka pelajaran matematika dan anak tersebut ingin sekali menemukan cara lain, maka anak tersebut akan sangat bersemangat akan untuk menemukan hal bari tersebut. Tetapi ketika anak tersebut menemukan cara untuk menyelesaikannya dia akan meninggalkan pekerjaan tersebut dan mencoba hal baru lagi.

 

·        Creative people’s openess and sensitivty often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

o   Terkadang orang kreatif itu dalam menciptakan hal kreatif mereka dapat menyakiti diri sendiri seperti terlalu memikirkan hingga stres dan juga lupa makan. Hal ini lah yang membuat mereka tersakiti. Contoh lain adalah ia lupa makan sehingga badannya menjadi sakit.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: